Jumat, 01 Juni 2012

MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA


BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Dewasa ini, perkembangan ilmu dan tekonologi begitu pesatnya. Laju perkembangan itu demikian luasnya hingga hampir mencakup seluruh kehidupan manusia. Khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi inilah yang melatarbelakangi perlunya penerapan iptek di bidang pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan yang mencetak kader-kader pembangunan bangsa dituntut dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang sedang terjadi saat ini. Tantangan bagi sekolah maupun guru untuk bisa menciptakan anak-anak didik yang mengenal dan mampu mengatasi ketertinggalannya akan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Bagi sebagian orang atau masyarakat beranggapan bahwa pembelajaran multimedia dengan menggunakan perangkat komputer dan perlengkapannya termasuk barang mewah dan hanya sekolah tertentu saja yang dapat menerapkannya. Namun demikian bila sekolah telah memilikinya, maka tidak ada salahnya pengenalan / penggunaan teknologi maju dianjurkan untuk dimanfaatkan.
Karena media ini sangat menunjang dalam kegiatan belajar mengajar dikelas,selain efisien media ini juga lebih menarik,apalagi buat anak-anak didik sekolah dasar yang begitu tertarik dengan hal-hal yang baru. Dengan demikian siswa akan lebih mudah memahami pembelajaran yang dilakukan melalui media pembelajaran multimedia ini. jelasnya akan saya terangkan kebih mendalam tentang media pembelajaran multimedia di dalam makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Multimedia Pembelajaran
Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yangbersifat relatif konstan.
Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur_unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku siswa. Dari uraian di atas, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang dignakan dalam proses pembelajran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.
B. Manfaat Multimedia Pembelajaran
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
1.Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron  dll.
2.Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4.Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5.Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6.Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

C. Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran
Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran. Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
1.Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2.Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3.Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai
berikut:
1.Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2.Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
4.Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban,
5.pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.

D. Cara membuat media pembelajaran
Di sini saya membuat sebuah video dari sekumpulan foto tentang rantai makanan pada hewan dan dilengkapi dengan suara. Saya membuat ini menggunakan aplikasi DVD photo slideshow professional.
Pertama saya mengumpulkan foto tentang rantai makanan dalam sebuah folder dan membuat rekaman tentang rantai makanan pada hewan, kemudian saya masukan dalam aplikasi DVD photo slideshow professional, kemudian photo sya edit waktunya sesuai rekaman suara dan ditambah teks dan background. Media ini pembuatanya tidak lama,mudah dan praktis.
Cara pembuatanya :
•Masukan foto dalam sebuah folder
•Buka aplikasi DVD photo slideshow pilih folder photo yang akan dimasukan seperti diatas tampilanya kemudian klik Add All.
•Setelah semua masuk klik trantition & music untuk mengatur tampilan dan memasukan suara atau music.
•Jangan lupa diatur waktunya di album seting.
•Setelah itu masuk dalan burn disc untuk menatur jenis program video apa,seperti,MP4,FLV,DVD dll.
•Video siap untuk dimanfaatkan  dalam proses kegiatan pembelajaran.

E. Implikasi dalam Pembelajaran
Pertama kita mempersiakan peralatanya seperti laptop dan lcd untuk menyampaikan media pembelajaran multimedia. Kemudian guru memutar hasil video tentang rantai makanan hewan, setelah video itu selesai di putar guru hanya memberi penambahan penjelasan saja.
F. Kelebihan dan Kelemahan Media Pembelajaran Multimedia
•Kelebihan
Beberapa keuntungan simulasi di dalam multimedia pembelajaran adalah:
•Menirukan suatu keadaan nyata yang bila dihadirkan terlalu berbahaya (mis simulasi
reaktor nuklir)
•Menirukan suatu keadaan nyata yang bila dihadirkan terlalu mahal (misal simulasi
pesawat udara)
•Menirukan keadaan yang sulit untuk diulangi secara nyata (misal letusan gunug berapi
atau gempa bumi)
•Menirukan keadaan yang jika dilakukan secara nyata memerlukan waktu yang panjang
(misal pertumbuhan tanaman jati)
•Menirukan kondisi alam yang ekstreem (misal kondisi di kutub)
•Dan sebagainya.
Manfaat multimedia pembelajaran bagi siswa diantaranya adalah :
v  Siswa akan lebih semangat untuk melihat nya karena suatu yang baru buat mereka
v  Siswa akan lebih mudah memahaminya apa yang disampaikan melalui media tersebut.
v  Siswa tidak mudah jenuh
v  Siswa akan serius melihat pembelajaran dengan media ini.
•Kelemahan
-  Media harus membutuhkan LCD, bila di sekolah tidak ada LCD maka media ini tidak bisa digunakan
-Menggunakan peralatan yang berat seperti VCD dan TV.
-Siswa cenderung merasa tergantung dengan penggunaan media dan menjadi malas apabila guru selalu menggunakan media yang sama dalam setiap kegiatan pembelajaran.
-Guru cenderung tergantung dengan teknologi.
G. Solusi
Semua media pasti ada kelemahanya jadi kita sebagai calon guru harus bisa membuat banyak media tidak hanya salah satu saja,karena apabila hanya salah satu saja selain siswa cepat bosan,belum tentu juga media yang kita kuasai bisa kita sampaikan. khusus untuk media pembelajaran multimedia saya memiliki solusi kita sebagai guru harus punya LCD sendiri karena tidak semua sekolah mempunyainya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.

DAFTAR PUSTAKA
Pramono, Gatot.2008.Modul Pemanfaatan Media Pembelajaran.Jakarta: Pusat Teknologi
Informasi dan Komunikasi Depdiknas
Usman, Basyiruddin.2002.Media pembelajaran.Jakarta: Ciputat pers
klubguru.net/component/…/50-media-pembelajaran-multimedia diakses tanggal 6 Januari 2011
pukul: 2305WIB
myenglish01.wordpress.com/…/pembuatan-media-pembelajaran-multimedia/ diakses tanggal 6
Januari 2011 pukul: 23.00WIB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar